SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengaku siap memberikan subsidi kepada masyarakat di wilayahnya untuk menjaga keterjangkauan harga tiket pesawat yang mahal.

Hal tersebut menyusul arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar pemerintah daerah mampu menekan harga tiket pesawat yang melambung tinggi.

"Kita pada kewenangan domestik untuk subsidi sekarang, kemarin sudah ada instruksi dari Bapak Presiden dan kita tinggal tunggu arahan dari Kementerian Perhubungan dan BUMN," ujarnya di Makassar, Selasa.

Sudirman mengatakan Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan subsidi di tingkat kabupaten dan kota yang menjadi tujuan perjalanan.

"Kalau kami ini memberikan subsidi di kabupaten. Kita memberikan subsidi ke Bone dan juga Toraja untuk penerbangan dari Balikpapan-Toraja dan juga Makassar-Bone-Kendari," lanjutnya.

Subsidi tiket pesawat ini, kata dia, secara bertahap akan dilakukan untuk penerbangan di wilayah-wilayah lain Sulsel yang dianggap strategis.

"Tapi untuk penerbangan domestik nasional ya tentu kewenangan (pusat), tentu kita cuman tinggal menunggu perintah menunggu arahan Bapak Presiden sudah instruksi ke Bapak Menhub dan kita tunggu bekerja mereka," ujarnya.